Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Atasi Permasalahan Kekurangan Air Baku di Sengayam Dinas PUPR Kalsel Bangun Prasarana Air Baku Sengayam.

Bidang Sumber Daya Air | 03 Maret 2020

Pembangunan Prasarana Air Baku Sengayam saat ini sangat penting dikarenakan seringnya terjadi permasalahan kekurangan ketersedian air baku terutama pada musim kemarau.Selain itu keterbatasan air baku salah satunya disebabkan adanya intrusi air asin yang masuk ke sungai serta menurunnya kondisi lingkungan dan daya dukung lingkungan sebagai dampak berubahnya tataguna lahan.

Dengan kondisi ini debit air untuk PDAM juga berpengaruh karena mengalami berkurangnya pemenuhan kebutuhan air sehari-hari untuk masyarakat juga terganggu , untuk mengatasi permasalahan tersebut Gubernur Kalimantan Selatan melalui Dinas PUPR Kalsel dan  Bidang sumber Daya Air (SDA), berupaya mendorong pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat atas air bersih dengan memerlukan alternatif lain dalam pemenuhan kebutuhan air baku, dengan cara membangun sarana dan prasarana air baku, melakukan normalisasi sungai, dan pemanfaatan air sungai yang sumber airnya berasal dari sungai Sengayam Kabupaten Kotabaru.

Kegiatan yang dilakukan pada TA 2019 ini berlokasi di  Intake IKK Sengayam Kab. Kotabaru Kecamatan Pamukan Barat Desa Marga Jaya. Menurut Masrai Zulzai selaku Kepala Bidang SDA, mengatakan “ Dalam paket kegiatan ini ada 2 pengerjaan yang pertama adalah pembangunan Intake IKK 1 buah dengan panjang banguan 9x12 m, dan Pengerjaan Siring”

Bangunan dari prasarana air baku itu sendiri terdiri dari pintu screen 5 buah, manhole 3 buah, tanggan monyet 1 set, pipa HDPE 8 inc/10mm 40 m1, Pompa centrifugal 1 unit, dan Pompa  submersible 1 unit.


Kembali Ke Halaman Sebelumnya