Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Melalui Bidang Bina Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalsel Lakukan Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Ahli Arsitek

Bidang Bina Konstruksi | 02 November 2021

Dinas PUPR Kalsel Mengadakan Kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Ahli Arsitek Tahun 2021

 

Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) merupakan kewajiban bagi pekerja konstruksi untuk mendapatkan pengakuan kompetensi serta sebagai upaya Kementerian PUPR dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kalsel untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam bidang konstruksi. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas PUPR Kalsel, Nasrullah saat membuka kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Ahli Arsitek Tahun 2021 di Hotel Berbintang Banjarnaru, Senin (1/11/2021).

 

Menurutnya, pembinaan jasa konstruksi terdiri dari tiga pilar utama meliputi pengaturan pemberdayaan dan pengawasan yang diselenggarakan oleh Pemprov, Pusat dan Daerah di wilayah kerja masing-masing sesuai kewenangannya.

 

“Jadi kegiatan ini untuk mendukung program pemerintah dalam Gerakan Nasional Pelatihan Konstruksi (GNPK) yang telah dicanangkan oleh kementrian PUPR dimulai sejak 2010 melalui berbagai pelatihan berdasarkan jabatan kerja yang berlaku secara Nasional maupun Internasional,” kata dia.

 

Oleh karena itu, berdasarkan data yang terinfentarisir dari Balai Jaskon Wilayah V Banjarmasin dan Dinas PUPR Kalsel per juli 2020 untuk data SKA tenaga ahli madya berjumlah 417 orang, tenaga muda 741 orang sedangkan SKA muda yang diverifikasi melalui dinas PUPR Kalsel berjumlah 86 orang. Jadi total tenaga ahli yang memiliki SKA ada berjumlah 1.244 orang.

_

“Kalau dilihat dari kuantitas kebutuhan pembangunan di daerah regional Kalimantan, jumlah tenaga ahli kita masih dalam jumlah minim dibandingkan dengan target penyedia tenaga ahli ber SKA sebanyak 7000 orang,” tuturnya.

_

Penyelenggaraan pembinaan jasa konstruksi melalui kegiatan pelatihan tenaga ahli ini juga bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam Gerakan nasional pelatihan konstruksi (GNPK) yang telah dicanangkan oleh kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat dimulai sejak tahun 2010, yaitu melalui berbagai pelatihan berdasarkan jabatan kerja yang berlaku secara nasional maupun internasional.

 

#sertifikasitenangkerjakonstruksi

#dinaspuprkalsel

#pupruntukbanua

#binakontruksidpuprkalsel

 


Kembali Ke Halaman Sebelumnya