Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Mesjid Bambu di Desa Kiram Siap dilakukan Pembangunan

Bidang Cipta Karya | 16 Agustus 2020

 

Jum’at (14/08/20) Gubernur Kalimantan Selatan yang didampingi oleh Kepala Dinas PUPR Kalsel beserta para ulama daerah melakukan peletakan batu pertama dan penentuan arah kiblat Mesjid Bambu. Setelah berbagai tahap dilakukan yang dimulai dari proses sayambara desain Mesjid Bambu yang dilakukan pada Tahun 2018 lalu dan Tahun 2020 ini siap dilakukan pembangunannya.


Mesjid yang berlokasi di Desa Kiram Kabupaten Banjar ini diberi nama KH. Abdul Qadir Hasan yang merupakan sebagai tuan guru yang terkenal pada bidang agama dan dunia pendidikan di Banua termasuk kontribusi beliau di era revolusi. KH. Abdul Qadir Hasan yang sering kita kenal sebagai guru Tuha.

Pekerjaan yang akan dibangun pada pertengah Tahun ini akan memiliki luas bangunan bawah 610m2  sebagai tempat Wudhu, kamar mandi dan toilet, sedangkan untuk bangunan atas memiliki luas 225 m2 yang merupakan ruang utama masjid, ukuran 15x15m dengan kapasitas 180 orang. Dan untuk bangunan pengelola memiliki luas 128m2 yang digunakan sebagai gedung pengelola dan kantor.

Untuk struktur Mesjid itu sendiri menggunakan pipa baja, bambu yang digunakan pada bagian kolam, rangka atap. Sedangkan untuk penutup atap menggunakan sirap kayu ulin dan dinding menggunakan ayaman bambu.


Pada Tahun 2020 ini  pembangunan Mesjid akan berfokus pada pembangunan Mesjid utama dan bangunan pengelola masjid. Sedangkan penyelsainnya akan dilakukan pada tahun selanjutnya dengan melakukan pembangunan pintu gerbang 4 bh, pagar, landscape dan halaman parker.


Kembali Ke Halaman Sebelumnya