Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Pembangunan Galeri di Mess Biliton dan di Anjungan Kalsel TMII

Bidang Cipta Karya | 13 Maret 2020

Provinsi Kalsel memiliki keragaman budaya yang luar biasa dan bila diusung dan dikembangkan dapat menjadi suatu aset kesenian yang bernilai tinggi. Seni merupakan kebutuhan manusia dan merupakan hubungan yang tak dapat dipisahkan antara manusia, seni, dan lingkungan masyarakat.

Mess Billiton dan Anjungan Kalsel TMII di Jakarta sebagai perwakilan dari Provinsi Kalimantan Selatan memerlukan  suatu wadah untuk memamerkan hasil karya dan khas budaya Provinsi Kalimantan Selatan. Oleh karenanya untuk memfasilitasi hal tersebut dalam upaya meningkatkan sarana/prasarana publik, Gubernur Kalimantan Selatan melalui Dinas PUPR Kalsel dan bidang Cipta Karya pada tahun 2019 telah membangun sebuah Galeri yang berlokasi di mess Billiton dan di anjungan Kalsel di TMII.

Selain menjadi wadah untuk memamerkan karya dan khas budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Bangunan Galeri tersebut juga difungsikan sebagai coffee shop, sebagai daya tarik bagi pengunjung dan wisatawan.

Harapannya dengan adanya ke- dua galeri yang berada di luar daerah Kalsel ini, dapat semakin memperkenalkan kebudayaan Kalsel kepada masyarakat luas.


Kembali Ke Halaman Sebelumnya