Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Pembangunan Jaringan Daerah Irigasi Kinarum 1.004 Ha Kabupaten Tabalong

Bidang Sumber Daya Air | 06 Februari 2020

Dalam rangka pemenuhan keperluan irigasi  guna mendukung terpenuhinya terget-target sarana dan prasarana infrastruktur pendukung irigasi yang sangat diperlukan salah satunya dalam sektor pertanian. Maka Gubernur Kalimantan Selatan melalui Dinas PUPR KalSel melakukan Pembangunan Jaringan Daerah Irigasi (DIR) Kinarum 1.004 Ha yang terletak di Desa Kinarum dan Marindi Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong.

Masrai Zulzai selaku Kepala Bidang Sumber Daya Air mengatakan “Pembangunan Jaringan Daerah Irigasi (DIR) Kinarum 1.004 Ha Kabupaten Tabalong pada Tahun 2019 ini dilaksanaan selama 279 (Dua Ratus Tujuh Puluh Sembilan) hari kalender, dan sudah selesai pengerjaannya 100% pada Bulan Desember Tahun 2019 lalu. Dan untuk item-item yang telah terbangun diantaranya galian dan lining saluran primer 224m, saluran sekunder 1.710m, dan saluran tersier 1.082m. Selain tiga saluran tersebut terbangun pula pintu air 3 bh, bagi 1 bh, sadap 1 bh, terjunan 5 bh, dan box culvert 11 bh”.

“Pembangunan Jaringan Daerah Irigasi Kinarum 1.004 Ha Kabupaten Tabalong ini dilaksanakan secara bertahap, pengerjaannya di awali pada Tahun 2015, harapannya akan dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar terutama pada sektor pertanian yang erat kaitannya dengan penggunaan irigasi” pangkasnya.


Kembali Ke Halaman Sebelumnya