Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Pemeliharaan Berkala Saluran Pembuang D.I Haruyan Dayak

Bidang Sumber Daya Air | 06 Maret 2020

Intensitas hujan yang tinggi rentan akan tejadi bencana banjir yang terjadi diseluruh pelosok Kota di Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Hulu Sungai Selatan Prov. Kalsel. Untuk mengatasi masalah ini Gubernur Kalimantan Selatan melalui Dinas PUPR Kalsel dan Bidang Sumber Daya Air (SDA) melakukan pengerjaan Rehabilitasi Saluran Pembuang D.I Haruyan Dayak.

Pemeliharaan berkala terhadap saluran pembuang ini sangat penting dilakukan agar menjadi tempat  saluran pembuangan air dari D.I Haruyan Dayak itu sendiri. Selain itu, rehabilitasi ini diharapakan dapat mengembalikan fungsi saluran yang baik sebagai tempat penampung air yang berlebih. Dan untuk Tahun 2019 pengerjaan rehabilitasi saluran pembuang ini dengan jarak 6,4 Km.

Menurut Masrai Zulzai selaku Kabid SDA mengatakan “Ada beberapa pekerjaan yang dilakukan dalam rehabilitasi ini, diantaranya adalah pekerjaan persungaian/saluran pembuang yang biasanya dititik beratkan pada perbaikan alur saluran, normalisasi sungai dasar dan tebing saluran, dan yang terakhir adalah pembangunan fasilitas-fasilitas untuk pengendalian debit besar dan sedimen.


Kembali Ke Halaman Sebelumnya