Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Pemeliharaan DI/DIR Kewenangan Provinsi Kalimantan Selatan (Daerah Irigasi Haruyan Dayak)

Bidang Sumber Daya Air | 11 Juni 2020


Guna mempertahankan kondisi jaringan D.I Haruyan Dayak, Kab. HST (Hulu Sungai Tengah) agar tetap dalam kondisi baik, maka Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas PUPR Kalsel dan Bidang Sumber Daya Air melakukan pemeliharaan rutin yang dilaksanakan secara terus menerus tanpa merubah/mengganti konstruksi yang sudah ada.


Pemeliharaan ini lakukan agar kondisi jaringan DI tetap terpelihara dengan baik. Dengan kondisi jaringan yang baik maka hal itu sangat berperan penting dalam mendukung program peningkatan hasil pertanian sehingga swasembada dan ketahanan pangan dapat tercapai. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin sepanjang tahun. Dalam satu tahun dilakukan sebanyak 3 kali dengan waktu pengerjaan selama 30 hari kerja.

Adapun kegiatan yang dilakukan pada pemeliharaan rutin, antara lain adalah tebasan rumput pada jaringan primer, jaringan sekunder, bangunan bendung dan bangunan lainnya serta pengecatan bangunan air. Dengan total panjang DI. Haruyan Dayak 1856ha dengan total pemeliharaan yang telah dilakukan ± 14km.


Kembali Ke Halaman Sebelumnya