Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Rapat Finalisasi Peninjauan Kembali Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam rangka sebagai upaya untuk melihat kesesuaian antar rencana tata ruang dan kebutuhan pembangunan maka Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan melalui bidang Penataan Ruang dan Pertanahan melakukan Finalisasi Peninjauan Kembali Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Kalimantan Selatan, yang dilaksanakan di Banjarbaru, Selasa (10/12).

Acara yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar, ST., MT ini dihadiri oleh Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) Prov. Kal-Sel,  Sekretariat Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) Prov. Kal-Sel, dan Professor Retno Widodo Dwi, ST, M.Sc, Ph.D dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta selaku Nara Sumber dalam acara ini. 


Dalam sambutannya Kepala Dinas PUPR Prov.Kal-Sel mengatakan " Ada 2 rekomendasi tindak lanjut yang harus dilakukan dari hasil peninjauan kembali rencana tata ruang wilayah kota yang pertama adalah perlu dilakukannya revisi karena ada perubahan kebijakan dan strategi nasional dan/atau provinsi yang mempengaruhi pemanfaatan ruang wilayah kota dan/atau terjadi dinamika internal kota yang mempengaruhi pemanfaatan ruang kabupaten secara mendasar, dan yang kedua adalah tidak perlu diadakannya revisi karena tidak adanya perubahan perubahan tersebut.



Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah agar dapat mengetahui kesesuain dan konsistensi antara renca tata ruang dengan pemanfaan ruang.  Selain itu kegiatan ini diharapkan dapat menginventaris, mengkaji, mengevaluasi,  dan melakukan penilaian terhadap rencana TR dan penerapannya sabagai bahan revisi RTRW Provinsi Kalimantan Selatan.


Kembali Ke Halaman Sebelumnya