Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Rapat Teknis Pemberian Rekomendasi Gubenur Terhadap Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Banjarmasin.

Pada hari Kamis 04 Juni 2020, Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Selatan melalui Bidang Penataan Ruang dan Pertanahan, mengadakan Rapat Teknis Pemberian Rekomendasi Gubenur Terhadap Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Banjarmasin dengan Pemerintah Kota Banjarmasin yang diwakili oleh Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kota Banjarmasin.


Rapat ini dipimpin oleh Kepala Bidang Penataan Ruang dan Pertanahan  dan dihadiri oleh Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan Bappeda Prov Kalsel,  Bidang Bina Marga, Bidang Sumber Daya Air, Bidang Cipta Karya dan seluruh staff Bidang Penataan Ruang dan Pertanahan, yang diadakan di Ruang Rapat Bidanag Penataan Ruang dan Pertanahan DPUPR Kalsel.


Rekomendasi Gubernur merupakan salah satu syarat dalam Persetujuan Substansi atas produk rencana tata ruang sesuai amanat Peraturan Menteri ATR/BPN Nomer 8 Tahun 2017.  Adapun pembahasan dalam rapat ini mengenai kesesuaian muatan dan substansi Tujuan, Kebijakan, Strategi Penataan Ruang, Rencana Struktur Ruang, Rencana Pola Ruang, Penetapan Kawasan Strategis, Arahan Pemanfaatan Ruang dan Arahan Pengendalian Pemanfaatan Ruang. 


Berdasarkan hasil rapat tersebut masih terdapat materi dalam RTRW Kota Banjarmasin yang perlu diperbaiki dan dibahas Kembali agar sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, sebelum Rapat Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah Prov. Kalsel untuk pemberian Rekomendasi Gubernur.


Melalui RTRW Kota Banjarmasin ini, perkembangan Kota Banjarmasin dapat menjadi Gerbang Pulau Kalimantan dan Pusat Perkotaan Banjarbakula yang Berkarakter dengan Destinasi Pariwisata Berbasis Sungai untuk Mendorong Peningkatan Pelabuhan, Industri, Pusat Pelayanan, Perdagangan dan Jasa  yang Berkelanjutan.


Kembali Ke Halaman Sebelumnya