Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Uji Kepadatan Lapisan Tanah dengan Metode SandCone Test

Permasalahan dalam kepadatan lapisan tanah di lapangan merupakan salah satu hal yang sangat penting, terlebih dalam bidang konstruksi seperti halnya dalam pembangunan jalan raya, bangunan bahkan bendungan.
Dengan demikian untuk mengatasi masalah tersebut maka Dinas PUPR Kalsel melalui Laboratorium Bahan Konstruksi yang merupakan salah satu UPT dari Dinas PUPR Kalsel melakukan pengujian kepadatan lapisan tanah dengan metode SandCone Test.

 


SandCone Test merupakan metode yang dilakukan untuk mengetahui kepadatan dari lapisan tanah atau perkerasan tanah yang yang telah dipadatkan. Untuk melakukan metode ini ada beberapa peralatan yang harus disiapkan seperti halnya corong kalibrasi pasir, pelat untuk corong, palu, sendok, kuas pahat, peralatan pencair kadar air, timbangan dengan kapasitas 10kg , dan tempat penampungan tanah.
Untuk pengujian metode SandCone Tes kali ini tim dari Lab Bahan Konstruksi melakukan pengujian pada Paket Pembangunan Jalan Kasturi - Jalan Akses Bandara - Jalan Lingkar Utara Banjarbaru.

 



Dengan adanya uji tes ini maka diharapkan dapat menjadikan pemabangun konstruksi yang ada dapat bertahan dengan baik dengan dasar pondasi kokoh yang dimiliki pada pembangunan tersebut.


Kembali Ke Halaman Sebelumnya